Kamis, 19 April 2012

Strategi Promosi untuk SME

distro islami
Strategi Promosi untuk SME (Small & Medium Enterprise) atau biasa disebut UKM melalui Socmed. Saya mendapatkan ilmu ini ketika saya menghadiri salah satu seminar ‘Strategi Pengusaha’ di Jakarta dengan pembicara Bpk. Yuswohady. Seminar yang ternyata diselenggarakan oleh para pemuda, saya sangat salut dengan ide mereka dan dengan cara mereka mengemas seminar tersebut. Ok, sekarang kita mulai pembahasannya.

Banyak Perusahaan besar yang sukses dalam marketing, kenapa? karena mereka mempunyai uang untuk membayar iklan di tv yang notabene menjangkau semua orang dan mahal. Tapi jangan putus asa, karena SME bisa sama – sama menjangkau customer secara global, tapi dengan biaya yang sangat kecil. ‘LOW BUDGET HIGH IMPACT’ Ya, itu dia strategi yang akan Anda gunakan, tapi tentunya ada syaratnya jika ingin menerapkan ini. Syarat Utamanya adalah ANDA HARUS KREATIF!

Pada dasarnya ada beberapa cara kita mendekati pelanggan (baca: The Approach) Yaitu:

   1. Below the line
   2. Above the line
   3. Social Media
   4. Community blog





Above the line sering dipakai oleh ‘Big Company’ karena mereka mempunyai dana untuk itu, sementara SME lebih sering menggunakan below the line untuk mempromosikan produk/jasa mereka karena dana yang dibutuhkan lebih sedikit.

‘Big Company’ lebih sering memilih  Above the line seperti media massa yang notabene adalah platform vertikal (one to many) dan komunikasi satu arah. Misalnya televisi, satu iklan ke banyak orang & hanya satu arah komunikasi, dimana calon pelanggan hanya mendapat informasi produk, tidak besar potensinya untuk menginformasikan kembali ke orang lain.

Berbeda dengan SME, Anda bisa menggunakan social media dan juga below the line sebagai strategi promosi Anda. Social media merupakan platform horizontal dimana kelebihannya adalah (many to many) Ya di social media semua orang berinteraksi, jika Anda memasarkan produk/jasa Anda di sana, customer Anda bisa merekomendasikan pada teman maupun kerabatnya. Bayangkan saja pengguna facebook mencapai 200 juta orang kurang dari satu tahun. Bahkan jika facebook adalah suatu negara, maka facebook adalah negara terbesar ketiga setelah China dan India.

Ya social media membuat SME dan ‘Big Company’ memiliki level yang sama dalam mempromosikan produk/jasanya. Dengan bantuan social media Marketing Anda akan semakin baik yaitu dimana “Your Customer is Your Sales Marketing”. Dalam social media karena merupakan platform horizontal, maka akan ada interaksi dimana Anda sebagai penyedia produk/jasa mendengarkan apa sebenarnya yang dibutuhkan Customer Anda.

Anda bisa mengintegrasikan below the line dengan social media, yang pada akhirnya akan digiring melalui Community Blog. Anda bisa mengarahkan calon customer untuk bergabung dengan social media Anda. Nah dari social media, Anda bisa mulai mendekati calon pelanggan tersebut, berinteraksi dengan mereka, sehingga suatu saat mereka sangat percaya pada Anda. Setelah itu Anda bisa Arahkan pada Community Blog dimana para Customer akan diikat lewat komunitas/forum dari blog Anda.Hal ini akan menguatkan hubungan Anda dengan Customer Anda.

Masih berpikir 2x untuk membuat social media?? Take Action Sekarang. Social Media adalah Kekuatan Marketing SME, “Low Budget High Impact”. Selamat Mencoba :)

Oleh :
Kang Candra
http://candramulyana.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar